Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

4 Pilihan Olahraga Bagi Ibu Hamil

4 Pilihan Olahraga Bagi Ibu Hamil

Sumber-balihealthdigest.jpg

Olahraga tetap perlu bagi ibu hamil. Tubuh menjadi lebih bugar dan berdampak baik bagi kesehatan ibu selama hamil. Olahraga membuat kinerja jantung bekerja baik, berat badan menjadi lebih terkendali, dan otot-otot persalinan menjadi lebih siap. Olahraga apa yang baik bagi ibu hamil? Ibu bisa pilih olahraga yang disukai, namun sebaiknya konsultasikan terlebih dulu dengan dokter. Hal ini penting, karena setiap kondisi kesehatan ibu hamil berbeda. Selain itu, ketika berolahraga, jangan lupa  untuk minum air putih dalam selisih waktu 15 menit untuk mencegah dehidrasi.

Berikut beberapa jenis olahraga yang dapat ibu hamil lakukan :

  • Jalan Kaki

Olahraga ini paling baik dan dapat melancarkan peredaran darah. Menurut American College of Obstetricians and Gynegologists ibu hamil bisa melakukan olahraga jalan kaki selama 30 menit per hari. Bisa dilakukan di mana saja tapi hindari jalur yang menanjak.

  • Berenang

Berenang bermanfaat bagi kinerja jantung dan mempermudah menurunkan berat badan ibu hamil yang overweight. Tekanan air di kolam renang memberi kemudahan ibu hamil untuk bergerak melatih otot-otot seperti kaki dan tangan.

  • Senam hamil

Sebaiknya, ibu ikut kelas-kelas hamil yang dipandu oleh ahlinya. Selain mendapat panduan olahraga yang tepat, ibu dapat berinteraksi dengan para ibu hamil lainnya sehingga dapat menambah pengetahuan dan berbagi pengalaman.

  • Yoga

Ibu hamil akan diajarkan cara relaksasi serta teknik pernapasan yang berguna untuk proses persalinan yang cepat dan aman. Relaksasi dapat membantu ibu menjalani hari-harinya dengan tenang. Selain itu, bisa mengurangi rasa takut menghadapi proses persalinan.  Sama halnya dengan senam hamil, sebaiknya jika ibu ingin melakukan yoga, ikutlah kelas yoga yang ada panduan ahlinya.

(Sumber: bidanku.com)

Fast Food Lemahkan Kekebalan Tubuh Anak

Fast Food Lemahkan Kekebalan Tubuh Anak

Penyebab Rambut Rontok Saat Menyusui

Penyebab Rambut Rontok Saat Menyusui