Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

34 Persen Bayi Lahir di OKI Kurang Gizi

  Saat ini, sekitar 34 persen bayi lahir di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mengalami masalah kurang gizi kronis atau prevalensi stanting. Berdasarkan hasil riset kesehatan daerah, angka stanting di kabupaten OKI pada tahun 2013 mencapai 47 persen dan menurun menjadi 34 persen pada tahun 2014.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan OKI, HM Lubis SKM MKes, untuk menurunkan angka stanting tersebut pihaknya melakukan langkah-langkah, diantaranya mengedukasi masyarakat melalui posyandu, mengajarkan pola hidup sehat dan bersih pada masyarakat, serta memberi asupan makañan yang cukup.

“Selain itu, kita juga mengoptimalkan peran dan fungsi jajaran dinas kesehatan, dan memberdayakan duta gizi tinggi prestasi yang dibentuk sejak dua tahun terakhir, serta meningkatkan partisipasi masyarakat.”

Lubis menerangkan, stanting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu cukup lama akibat pemberian makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. Stanting terjadi sejak janin dalam kandungan dan tampak saat anak berusia dua tahun. “Kekurangan gizi pada usia dini dapat meningkatkan angka kematian bayi dan anak, penderitanya mudah sakit dan memiliki postur tubuh tidak maksimal saat dewasa, serta kemampuan kognitif yang rendah.”

 

(Sumber : Palembang.tribunnews)

MCA-Indonesia dan IMA WorldHealth Gelar Kampanye Gizi di OKI

MCA-Indonesia dan IMA WorldHealth Gelar Kampanye Gizi di OKI

Perda ASI Eksklusif Tengah Digodok di Sukabumi Tengah

Perda ASI Eksklusif Tengah Digodok di Sukabumi Tengah