Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Apa Yang Harus Dikonsumsi Anak Usia Satu Tahun?

Apa Yang Harus Dikonsumsi Anak Usia Satu Tahun?

kapan-bayi-siap-untuk-makanan-tambahan_ratio-1_700x278pxl-1.jpg

Sering dikatakan bahwa mulai usia setahun anak sudah dapat mengonsumsi makan makanan keluarga. Makanan keluarga seperti apa yang dimaksud?

Ketika anak usia setahun, anak sudah mulai dapat diberi makanan yang sama seperti yang dikonsumsi oleh orang dewasa yang ada dalam keluarga di rumah. Orangtua harus menyediakan makanan dengan pola makan tiga kali makan utama yaitu pagi, siang, dan malam dengan porsi kecil. Kemudian dua kali makanan camilan. Sediakan makanan pada waktu-waktu makan yang sesuai jadwal. Kebiasaan makan anak harus diatur sedemikian rupa. Meskipun pada kenyataannya seringkali tidaklah mudah. Namun anak tetap harus dibiasakan dengan cara-cara yang menyenangkan tanpa paksaan.

Makanan yang diberikan pada anak usia setahun tentunya harus yang mengandung gizi seimbang. Di dalamnya terdapat zat gizi karbohidrat yang dapat diperoleh dari makanan seperti nasi, kentang, jagung, pasta. Zat gizi protein dapat diperoleh dari sumber pangan hewani seperti daging, ayam, ikan, telur. Juga berasal dari protein hewani seperti tempe dan tahu. Zat gizi vitamin dan mineral dapat diperoleh dari bahan makanan sayur-sayuran dan buah-buahan.

Berikan anak jenis makanan tersebut secara beragam dan bervariasi agar anak tidak merasa bosan dan tertarik untuk makan. Diperlukan kreatifitas orangtua dalam menyediakan makanan pada anak. Karena di usia ini seringkali ditemui anak yang mulai susah makan dan menolak makan. Namun orangtua tak perlu khawatir karena kebutuhan kalori yang diperlukan anak pada usia ini sekitar 1000 kalori. Hal lain yang perlu diperhatikan dalam pemberian makan pada anak usia satu tahun yaitu :

  • Berikan makanan dalam porsi kecil-kecil sehingga setiap kali makan akan mudah dihabiskannya. Perlu diingat, kapasitas pencernaan anak usia ini juga masih terbatas.
  • Tetap memperhatikan kandungan zat gizi makanannya. Karena anak memerlukan zat-zat gizi penting bagi pertumbuhannya.
  • Setiap kali anak menolak makan jangan selalu gantikan dengan konsumsi susu. Karena membuat anak menjadi tidak mau belajar makan makanan padat. Tentu hal ini tidak baik bagi perkembangan saluran cernanya.
  • Sediakan makanan sesuai dengan jadwal makannya. Hindari pemberian makan seperti kue-kue atau permen yang mengandung kalori tinggi. Bila anak sering mengonsumsinya akan membuatnya menjadi malas makan.
  • Hindari memberikan terlalu banyak bumbu seperti garam atau gula pada makanannya. Juga perasa makanan yang membuat makanan menjadi gurih. Karena dapat membahayakan kesehatan anak di kemudian hari. Cicipi makanan sebelum diberikan pada anak. Jangan sampai rasanya terlalu hambar atau tidak enak serta suhu makanan juga tidak terlalu panas.
  • Makanan padat yang diberikan pada anak seperti daging, buah, dan sebagainya sebaiknya dipotong kecil-kecil agar anak mudah mengunyah dan terhindar dari kejadian tersedak. Karena anak baru dapat mengunyah makanan dengan baik di atas usia 4 tahun.
  • Perhatikan pula kemungkinan bahan-bahan makanan yang dapat menimbulkan alergi pada anak. Jika ditemui alergi pada anak, konsultasikan pada dokter untuk mengatasinya.
  • Orang tua harus mendampingi anak setiap kali makan. Sikapi makan anak dengan cara-cara menyenangkan.
Jalur Distribusi Vaksin Palsu

Jalur Distribusi Vaksin Palsu

Kanji Rumbi, Menu MPASI Lokal Dari Aceh

Kanji Rumbi, Menu MPASI Lokal Dari Aceh