Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Diseminasi Global Nutrition Report 2014

  Global Nutrition Report (GNR) tahun 2014 merupakan seri pertama laporan tahunan yang menjelaskan kemajuan perbaikan gizi di seluruh dunia, mengidentifikasi hambatan dalam melakukan perubahan, menyoroti peluang dalam melakukan tindakan, dan memberikan kontribusi untuk memperkuat akuntabilitas gizi. Serial Laporan disusun berdasarkan komitmen penandatangan the Nutrition for Growth Summit (N4G) tahun 2013, termasuk Pemerintah RI. Komitmen ini didukung secara luas oleh berbagai pemangku kepentingan dan disampaikan oleh Kelompok Pakar Independen (Independent Expert Group–IEG) dalam kemitraan dengan sejumlah besar kontributor eksternal.

Global Nutrition Report (GNR) telah diluncurkan pada International Conference on Nutrition (ICN) ke 2 di Roma Italia pada tanggal 19-21 November. GNR selain memberi gambaran situasi gizi global dan nasional, juga meletakkan arah percepatan perbaikan gizi yang diperoleh dari lesson learnt berbagai perbaikan gizi di dunia.

Global Nutrition Report disusun oleh tim pakar dari berbagai negara dengan ketua DR. Lawrence Haddad dan Indonesia aktif sebagai anggota Independent Expert Group. GNR tidak saja menyajikan data nasional dan global, tetapi juga berisikan pengalaman, best practices, serta dilengkapi dengan country profile 193 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Untuk meningkatkan komitmen berbagai negara terhadap percepatan perbaikan gizi, maka selain peluncuran GNR di Roma diselenggarakan juga diseminasi di 5 negara, salah satunya Indonesia. Diseminasi GNR di Indonesia dilakukan bersamaan dengan puncak peringatan Hari Gizi Nasional ke-55 tahun 2015. Melalui peringatan ini, diharapkan akan tumbuh dan berkembang komitmen yang kuat dari berbagai pemangku kepentingan baik di pusat maupun daerah, sehingga percepatan perbaikan gizi melembaga dan menyentuh persoalan mendasar di masyarakat.

Tujuan Umum Country Roundtable Discussion on GNR adalah meningkatkan komitmen pemangku kepentingan dalam percepatan perbaikan gizi melalui diseminasi GNR dalam acara puncak peringatan Hari Gizi Nasional. Tujuan Khusus adalah meningkatkan komitmen berbagai pemangku kepentingan (pemerintah, media massa, tokoh masyarakat, dunia usaha, NGO, akademisi, organisasi profesi, dsb), meningkatkan pelaksanaan Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi oleh pemangku kepentingan di pusat dan daerah, mempublikasikan Global Nutrition Report secara luas sebagai upaya mempercepat perbaikan gizi baik dalam tataran nasional maupun daerah.

Kegiatan ini diselenggarakan bersama oleh Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, didukung UNICEF dan MCA-I, serta IFPRI (International Food on Policy and Reaserch Institute). Kegiatan dibuka oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, dengan sambutan dari Menteri Kesehatan, Menteri PPN/Kepala Bappenas serta Duta Besar Amerika Serikat. Nara Sumber: DR. Lawrence Haddad, Prof Endang Achadi (Universitas Indonesia), Panelis berasal dari Anggota DPR RI, Pemerintah, Dunia Usaha, Mitra Internasional, Tokoh Agama, Media Massa, Organisasi Profesi, dan CSO.

Kontak: Direktorat Kesehatan dan Gizi Masyarakat, Kementerian PPN/Bappenas (021 – 31934379) Direktorat Bina Gizi, Kementerian Kesehatan (021 – 5203883)

(Sumber: mca-indonesia.go.id)

Infeksi HIV/AIDS

Infeksi HIV/AIDS

Lomba Menulis Indonesia Peduli Stunting

Lomba Menulis Indonesia Peduli Stunting