Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Pola Makan Tetap Sehat Meski Alami Keluhan Mual Muntah

Pola Makan Tetap Sehat Meski Alami Keluhan Mual Muntah

            Perubahan hormonal semasa hamil menyebabkan perubahan yang terjadi pada tubuh ibu. Umumnya, pada trimester pertama ibu mengalami keluhan mual muntah, terutama di pagi hari. Hal ini wajar. Hanya saja  keluhan ini seringkali membuat ibu menjadi kurang nafsu makan. Sementara ibu di masa hamil membutuhkan banyak energi terutama untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan.

            Perlu diingat, pada trimester pertama kehamilan merupakan masa kritis tumbuh kembang janin. Jadi, jika ibu alami mual muntah di awal-awal kehamilan, jangan dibiarkan terus, karena ibu bisa mengalami kekurangan asupan gizi dari makanan. Tentu hal ini akan mengganggu  tumbuh kembang janin. Jika janin terganggu pada awal-awal kehamilan, maka bayi dapat berisiko seperti lahir prematur, mengalami kecacatan, dan sebagainya.

Lantas bagaimana mengatasi  agar ibu tak malas makan dan dapat tetap terpenuhi kebutuhan gizinya?

·         Ibu mengonsumsi makan utama 3 kali sehari, dibuat menjadi porsi kecil-kecil namun sesering mungkin setiap 2-3 jam, misalnya.

Ibu hamil membutuhkan energi dari karbohidrat, protein, dan lemak.  Selain itu ibu juga membutuhkan banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin  B6 dan B12 untuk pembentukan DNA dan sel-sel darah merah, juga mineral zat besi untuk pembentukan sel darah merah dan meminimalkan terjadinya anemia atau kekurangan darah.

·         Sarapan di pagi hari boleh teh manis hangat dengan snack seperti roti kering, dan sebagainya. Bisa juga dicoba minum teh jahe hangat.

·         Hindari makanan yang dapat merangsang asam lambung seperti rasa asam, pedas, atau bersantan.

·         Hindari makanan gorengan

·         Perbanyak konsumsi sayur dan buah.

Jika ibu hamil masih mengalami mual muntah yang berkelanjutan dan sangat mengganggu, sebaiknya konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cara Hindari Obesitas Saat Hamil

Cara Hindari Obesitas Saat Hamil

 Ibu Perlu Lakukan Hal Ini Jika Diketahui Hamil

Ibu Perlu Lakukan Hal Ini Jika Diketahui Hamil