Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

 Ibu Perlu Lakukan Hal Ini Jika Diketahui Hamil

Ibu Perlu Lakukan Hal Ini Jika Diketahui Hamil

        Bagi pasangan baru menikah, kehadiran sang buah hati mungkin sesuatu yang ditunggu-tunggu. Bagaimana ibu mengetahui jika dirinya hamil? Apa yang harus dilakukan jika diketahui hamil?

      Mungkin hal paling mudah menandai kemungkinan ibu hamil dari tanda terlambat datangnya haid. Ibu yang biasanya setiap bulan haid tiba-tiba haid tak kunjung datang. Ibu boleh saja jika ingin mengeceknya sendiri terlebih dulu sebelum periksa ke petugas kesehatan. Ibu bisa menggunakan alat tes kehamilan yang dijual bebas seperti di apotik, misalnya. Penggunaan alat tes itupun mudah dengan mengikuti petunjuk pemakaiannya. Jika memang positif hamil maka ibu harus memeriksakan diri ke tempat pelayanan kesehatan.

        Pemeriksaan oleh petugas kesehatan akan lebih memastikan kondisi hamil tidaknya ibu. Jika memang hamil, petugas kesehatan akan memberi saran-saran apa yang harus ibu lakukan dan juga jadwal pemeriksaan kehamilan yang sebaiknya ibu patuhi. Mengapa pemeriksaan kehamilan ini sangat penting?

         Sebetulnya, sejak ibu dinyatakan positif hamil maka sudah mulai terjadi proses cikal bakal seorang manusia. Ini dimulai terutama pada awal-awal kehamilan. Maka itu, pemeriksaan awal kehamilan menjadi sangat penting, terutama untuk  memastikan apakah ibu benar-benar hamil dan berapa usia kehamilannya.

       Pemeriksaan kehamilan akan dijalani ibu kemudian secara rutin. Setiap 4 minggu sekali pada trimester pertama dan kedua. Setelah trimester ketiga dilakukan satu kali setiap dua minggu. Ketika periksa kehamilan akan dilakukan pemeriksaan fisik seperti penimbangan berat badan dan pemeriksaan kondisi jantung dan paru-paru. Biasanya petugas kesehatan juga akan menanyakan keluhan yang dirasakan ibu. Untuk pemeriksaan dengan alat USG biasanya minimal sekali setiap trimester kehamilan. Pemeriksaan USG di awal-awal kehamilan untuk memastikan hamil tidaknya ibu atau apakah kehamilannya di dalam atau luar akandungan.

           Pemeriksaan kehamilan yang ibu harus jalani secara rutin ini sangat penting bagi ibu dan janin. Tumbuh kembang janin dalam kandungan dapat dipantau dengan baik. Jika ada suatu masalah dapat ditangani dengan segera. Bagi ibu juga dapat membantu meningkatkan kesehatan diri ibu, memantau kecukupan gizi untuk ibu dan janin, juga menjaga kehamilannya berjalan baik, serta mempersiapkan persalinan agar lancar. Jika ada masalah dengan kehamilannya maka dapat ditangani segera atau diantisipasi segala kemungkinannya. Jadi, patuhi ya Bu, jadwal pemeriksaan rutin kehamilannya.

Pola Makan Tetap Sehat Meski Alami Keluhan Mual Muntah

Pola Makan Tetap Sehat Meski Alami Keluhan Mual Muntah

Permasalahan Pada Ibu Bisa Sebabkan Anak  Gagal Tumbuh

Permasalahan Pada Ibu Bisa Sebabkan Anak  Gagal Tumbuh