Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Cara Meningkatkan Produksi ASI dengan Emosi Positif Ibu                           

Cara Meningkatkan Produksi ASI dengan Emosi Positif Ibu                           

            Umumnya, di masa ibu menyusui, keluhan paling sering ditemui yaitu ASI sedikit. Akibatnya, ibu  merasa khawatir jika bayinya kurang asupan makanannya. Tak jarang akhirnya ibu tergoda memberi bayinya susu formula.

            Sebenarnya, produksi ASI tergantung pada kerja hormon dan refleks menyusui.  Salah satu yang memengaruhi hormon yaitu masalah emosi atau suasana pikiran dan perasaan ibu. Masalah emosi inilah yang memengaruhi meningkat atau berkurangnya pengeluaran ASI.

             Emosi yang dapat meningkatkan produksi ASI tentunya emosi yang positif.  Berikut ini beberapa cara yang dapat ibu lakukan agar emosinya positif :

* Melihat dan memikirkan bayinya dengan penuh perasaan cinta dan kasih sayang, sekalipun bayi dalam kondisi menangis.

* Menciumi atau menatapi bayi dengan rasa senang dan bahagia

* Melakukan sesuatu kegiatan atau hobi yang membuat diri ibu merasa senang dan tenang

* Bisa meminta pada pasangan untuk memijati  bagian punggung ibu agar merasa rileks.

               Usahakan ibu dapat menghindari perasaan atau emosi negatif yang malah bisa mengurangi produksi ASI. Jangan biarkan ibu dengan perasaan-perasaan seperti bingung, berpikiran dan berperasaan kacau, merasa khawatir, sedih, kecewa, marah, takut, atau bahkan merasa malu menyusui.

 

 

 

 

 

 

 Target Percepatan Gizi Masyarakat

Target Percepatan Gizi Masyarakat

Persiapan Makan Ketika Bayi Akan Beralih ke  Makanan Keluarga

Persiapan Makan Ketika Bayi Akan Beralih ke  Makanan Keluarga