Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Berapa Jumlah ASI yang dibutuhkan Bayi Per Hari?

Berapa Jumlah ASI yang dibutuhkan Bayi Per Hari?

         Bila bayi kurang puas menyusu, ibu biasanya sudah tahu dari ciri-cirinya. Bayi tampak rewel atau menangis, setelah menyusu tampak kurang puas menyusu, kelihatan masih lapar, dan tidurpun tidak nyenyak. Sebaliknya, bayi yang berkecukupan konsumsi ASI akan tampak puas menyusu, tidurnya nyenyak, dan ada penambahan berat badannya setiap bulan.

          Sebetulnya, berapa jumlah ASI yang dibutuhkan bayi? Kebutuhan ASI pada setiap bayi berbeda-beda. Produksi ASI sendiri akan menyesuaikan kebutuhan bayi. Maka itu, sangat dianjurkan ibu menyusui secara on-demand, artinya sesuai dengan keinginan bayi.

         Setelah ibu melahirkan, hingga tiga hari pertama produksi ASI masih sedikit sekali. Kebutuhan ASI pada bayi juga masih sedikit. Bayi usia 1 hari hanya butuh 5-7 ml atau sekitar satu sendok makan sekali minum. Jadi, kalau bayi baru lahir belum mau menyusu dalam beberapa hari, ibu tak perlu khawatir. Setelah bayi usia 1 minggu, butuh ASI 45-60 ml atau sekitar satu botol susu kecil, sekali menyusu. Kebutuhan bayi usia satu bulan sekitar 80-150 ml sekali menyusu.

            Perkiraan produksi ASI sendiri sebanyak sekitar 750-1000 ml per hari menghasilkan energi sekitar 500-700 kkal per hari. Jumlah ini setara dengan energi yang diperlukan bayi dengan berat badan 5-6 kg.

            Setelah bayi usia makanan pendamping ASI (MPASI) atau usia 6 bulan, bayi masih tetap butuh ASI sekitar 720 ml ASI per hari. Usia 12 bulan, kebutuhan ASI bayi menurun menjadi sekitar 550 ml per hari. Inipun ibu tak perlu khawatir karena bayi sudah mendapatkan zat-zat gizi dari makanan.

 

Cara Pemberian MPASI pada Bayi Mulai Usia 6 Bulan

Cara Pemberian MPASI pada Bayi Mulai Usia 6 Bulan

 Ibu Butuh 5 Asupan Ini di Masa Pemberian ASI Eksklusif

Ibu Butuh 5 Asupan Ini di Masa Pemberian ASI Eksklusif