Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

 Ibu Butuh 5 Asupan Ini di Masa Pemberian ASI Eksklusif

Ibu Butuh 5 Asupan Ini di Masa Pemberian ASI Eksklusif

        Pemberian ASI  eksklusif setelah bayi lahir sebetulnya merupakan upaya maksimal yang dapat dilakukan ibu untuk mengoptimalkan tumbuh kembang bayinya. ASI merupakan satu-satunya makanan terbaik bagi bayi. Pemberian gizi terbaik tersebut perlu diimbangi dengan konsumsi makan ibu. Mengapa? Karena kebutuhan energi dan gizi ibu menyusui lebih besar dibandingkan ibu hamil. Hal ini dikarenakan masa menyusui berkaitan dengan proses produksi ASI. Jadi, asupan gizi ibu harus lebih tinggi. Apa saja asupan konsumsi yang perlu diperhatikan selama menyusui?

1.        Makan dengan komposisi gizi seimbang dan beragam, terdiri dari zat gizi karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral. Bahan makanan sumbernya dapat diperoleh antara lain dari nasi, lauk pauk  berasal dari hewani seperti daging, telur, ikan. Juga protein nabati  seperti dari kacang-kacangan, tahu dan tempe. Kemudian vitamin dan mineral diperoleh dari sayur dan buah-buahan. Makanlah dengan porsi kecil dan sering.

2.       Ibu hamil boleh minum susu.  Kurangi minum tea atau kopi saat makan. Hal ini bisa memengaruhi penyerapan zat gizi makanan di tubuh ibu.

3.       Sering minum air putih karena ibu menyusui lebih sering merasa haus.

4.       Mengonsumsi zat besi atau asam folat. Biasanya ibu menyusui masih mengonsumsi zat besi dan asam folat setelah 3 bulan persalinan. Konsumsi ini dapat  mencegah anemia pada ibu menyusui.

5.       Konsumsi vitamin A agar bayi mendapatkan asupan vitamin A ini lewat ASI. Vitamin A berguna untuk mencegah penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh anak. Biasanya,  dalam waktu 6 minggu setelah melahirkan ibu memeroleh  kapsul vitamin A.

 

Berapa Jumlah ASI yang dibutuhkan Bayi Per Hari?

Berapa Jumlah ASI yang dibutuhkan Bayi Per Hari?

Cara Hindari Obesitas Saat Hamil

Cara Hindari Obesitas Saat Hamil