Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Masa Penting Pembentukan Otak Anak

Masa Penting Pembentukan Otak Anak

          Apakah ibu sedang hamil? Jangan sampai lengah dengan kehamilannya, ya Bu. Sejak ibu dinyatakan hamil, maka sejak itu pula hingga 1000 hari pertama merupakan masa penting bagi pembentukan seorang manusia. Masa yang sangat kritis dan memengaruhi kehidupan seorang anak di usia-usia selanjutnya.

          Ketika minggu pertama kehamilan, terjadi pembentukan seluruh organ tubuh yang penting. Jika ada gangguan di masa awal-awal kehamilan dampaknya bisa berakibat fatal, seperti kematian janin dalam kandungan atau bisa menimbulkan cacat bawaan yang akan dibawanya sepanjang hidup.

          Salah satu pembentukan organ tubuh yang penting yaitu otak. Setelah terjadinya konsepsi, sel-sel otak akan mengalami pertumbuhan. Percepatan tumbuh otak terjadi sekitar usia 8-14 minggu kehamilan. Pada masa ini menentukan jumlah final sel otak seorang anak.

Organ otak akan lengkap sebelum usia anak 2 tahun. Kemudian percepatan perkembangan otak kedua terjadi pada trimester ke-3 kehamilan sampai usia  anak 2 tahun. Pada masa ini sel otak membesar, terjadi pula pematangan fungsi otak seperti mielinisasi (proses pelapisan lemak pada ujung saraf) dan koneksi antar selnya (sinaps).

          Pada usia kehamilan 18 minggu mielinisasi lajunya sangat cepat. Ibu mulai dapat merasakan gerakan janin. Pada usia kehamilan 22 minggu, bayi dapat mendengar dan peka terhadap sentuhan. Usia kehamilan 30-34 minggu pola tidurnya dapat dideteksi dan bayi mulai mengisap jempol.

          Mengingat masa penting pembentukan organ otak tersebut, maka ibu harus menjaga kehamilannya agar tetap sehat. Ibu tidak mengonsumsi hal-hal yang dapat membahayakan janin seperti tidak mengonsumsi sembarang obat-obatan, minum beralkohol, dan sebagainya. Selain itu, pola makan juga harus sehat dan bergizi seimbang agar kebutuhan gizi ibu terpenuhi.

Cara Atasi Kebiasaan Anak Makan Junk Food

Cara Atasi Kebiasaan Anak Makan Junk Food

 Kenali 6 Jenis Kanker Anak

Kenali 6 Jenis Kanker Anak