Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

5 Cara Perkuat Daya Tahan Tubuh Anak Saat Musim Penghujan

5 Cara Perkuat Daya Tahan Tubuh Anak Saat Musim Penghujan

                Saat musim hujan di mana kelembapan udara cukup tinggi, kuman penyakit memungkinan banyak berkembang biak. Penyakit di musim hujan seperti batuk pilek, diare, demam berdarah, dan lainnya biasanya mudah menyerang anak. Agar anak dapat terhindar dari penyakit-penyakit tersebut, daya tahan tubuh anak harus kuat. Untuk mengupayakan daya tahan tubuh anak lebih kuat secara alami yang dapat orangtua lakukan antara lain :

·         1. Beri anak makanan sehat dan bergizi

              Makanan dapat meningkatkan daya tahan tubuh secara alami.  Beri makanan yang beragam dengan kandungan zat gizinya yang terdiri dari  karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.  Makanan beragam membuat anak memeroleh bahan-bahan makanan yang dapat memperkuat daya tahan tubuhnya. Misalnya, dari protein daging yang kaya akan zink yang dapat membantu melawan penyakit. Sayuran hijau atau buah-buahan yang kaya vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, dan masih banyak bahan makanan lainnya.

         2. Minum yang cukup

             Memang tidak seperti di saat udara panas anak mudah merasa haus. Jarang itu dialami saat musim penghujan. Namun, anak tetap diupayakan mengonsumsi minum yang cukup, sekitar 1,5 liter per hari.  Konsumsi air minum yang cukup dapat memperlancar kerja organ tubuh dan metabolisme tubuh, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak.

·         3. Jaga kebersihan

             Jangan lupa membiasakan anak mencuci tangan pakai sabun dalam kesehariannya sebelum dan sesudah melakukan suatu aktivitas. Tangan anak yang kotor bisa menjadi perantara kuman penyakit. Ini berpotensi menimbulkan penyakit pada anak.

             Selain itu, kebersihan lingkungan sekitar rumah juga perlu menjadi perhatian. Jangan sampai lingkungan rumah menjadi tempat bersarangnya kuman penyakit. Misalnya, wadah-wadah yang tergenang air bisa menjadi tempat bersarangnya nyamuk demam berdarah. Jadi, bersih-bersih lingkungan rumah perlu sering dilakukan saat musim penghujan.

·         4. Cukup istirahat

             Istirahat dapat memulihkan kondisi tubuh menjadi lebih segar, memperbaiki sistem kerja tubuh, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Maka itu usahakan anak dapat beristirahat yang cukup. Misalnya, tidur siang dan tidur malam yang tidak terlalu larut.

           5. Jaga tubuh agar tetap hangat

             Udara di musim penghujan cukup dingin. Jadi usahakan tubuh anak tetap hangat. Berilah makanan yang hangat-hangat dan berkuah seperti sayur sop, soto, dan lain sebagainya. Minuman juga beri yang hangat-hangat jangan beri air dingin/es.

              Selain makanan dan minuman, agar tubuh anak tetap hangat gunakan pakaian yang agak tertutup atau tebal, sehingga anak tidak kedinginan. Apalagi jika berada di luar ruangan.

 Kenali 6 Jenis Kanker Anak

Kenali 6 Jenis Kanker Anak

Konsumsi Susu Bisa Jadi Penyebab Susah Makan pada Anak

Konsumsi Susu Bisa Jadi Penyebab Susah Makan pada Anak