Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Konsumsi Susu Bisa Jadi Penyebab Susah Makan pada Anak

Konsumsi Susu Bisa Jadi Penyebab Susah Makan pada Anak

                Pernahkah ibu mengalami si kecil susah makan? Lantas apa yang dilakukan? Pada anak yang suka minum susu, sebagian ibu masih ada yang berpikiran biarlah si kecil tak suka makan tetapi banyak minum susunya. Toh, susu juga mempunyai kandungan gizi yang baik. Akhirnya, si kecil pun lebih banyak mengonsumsi susu ketimbang makannya. Tentunya hal ini tidak dibenarkan pula.

                Susu mempunyai kandungan kalori. Jika banyak dikonsumsi, maka anak mudah merasa kenyang. Akibatnya anak tidak mau makan. Inilah salah satu yang menyebabkan anak menjadi susah makan. Padahal, anak harus mengonsumsi makan sehari 3 kali makan utama dan 2 kali makan selingan.

                 Jika anak lebih banyak mengonsumsi susu saja maka anak menjadi tidak belajar mengunyah dan tidak baik juga bagi kesehatan saluran cerna anak. Selain itu, anak bisa mengalami kekurangan gizi karena tidak memeroleh asupan zat gizi beragam dari bahan makanan lainnya.

                   Konsumsi makan pada anak harus bergizi seimbang. Setiap porsi pemberian makannya harus mengandung jenis kelompok makanan yaitu beras (karbohidrat), sayuran, buah-buahan, dan protein. Jumlah porsinya setiap kali makan diberikan secara bertahap. Misal, untuk anak usia 3 tahun mulai dengan sepertiga porsi makan orang dewasa.  Orangtua mungkin bisa memperkirakan seberapa banyak anak bisa menghabiskan makanannya. Susu tetap boleh diberikan, misalnya sehari satu gelas. Sebaiknya untuk anak balita berikan susu yang rendah lemak.

               Perlu diingat, kapasitas daya tampung lambung anak juga terbatas, tidak sebanyak orang dewasa. Maka itu pemberian makan dalam jumlah sedikit namun sering dapat mencukupi kebutuhan gizi hariannya. Orangtua dapat mengetahui anaknya sudah tercukupi kebutuhan gizinya dari pertumbuhannya yang normal sesuai dengan yang tampak pada kurva pertumbuhannya.

              Untuk mengatasi susah makannya, sebaiknya ibu kembali membereskan dan mengatur pola makan si kecil. Upayakan konsumsi makannya yang bergizi seimbang. Tak lupa orangtua memberi contoh pola makan keluarga yang sehat dalam kesehariannya.

5 Cara Perkuat Daya Tahan Tubuh Anak Saat Musim Penghujan

5 Cara Perkuat Daya Tahan Tubuh Anak Saat Musim Penghujan

Cara Atasi Batuk Pilek pada Si Kecil

Cara Atasi Batuk Pilek pada Si Kecil