Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

  Dinkes Sintang Sejak Tiga Tahun Lalu Sudah Kampanye Cegah Stanting

  Dinkes Sintang Sejak Tiga Tahun Lalu Sudah Kampanye Cegah Stanting

             Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, sudah 3 tahun lalu melaksanakan kampanye pencegahan stanting di setiap daerah Kabupaten Sintang. Demikian diungkapkan oleh dr. Harysinto Linoh, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Hal ini dikemukakan pada acara Hari Gizi Nasional ke-58 dan Kampanye Gizi Nasional, di Indoor Apang Semangai Baning Kota Sintang,Kecamatan Sintang Rabu (7/2/2018).

            “Kita cegah stunting dengan memberikan ASI eksklusif kepada bayi, pemberian tablet penambah darah, membiasakan pola hidup bersih dan sehat, perhatikan kebersihan lingkungan, berikan imunisasi secara lengkap. Kita harus cegah stunting kalau sudah stunting tidak bisa diapa-apakan lagi. Rata-rata di seluruh kecamatan di Kabupaten Sintang masih banyak balita stunting,” jelas Harysinto Linoh.

            Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Sintang, Kartiyus, SH, M.Si, mengatakan,”Vietnam itu merdekanya sama. Bedanya, negara tersebut mampu menurunkan angka stuntingnya 4 persen satu tahun. Kenapa bisa terjadi di Vietnam? Sebenarnya sederhana, mengampanyekan ibu menyusui 6 bulan tanpa putus. Di sana ibu melahirkan cuti sampai enam bulan, tak ada alasan ibu tidak menyusui. Kalau aturan di Indonesia cuti bersalin hanya 3 bulan. Kedua, di Vietnam dibentuk lembaga gizi, di Indonesia tidak ada, akhirnya tupoksi Menkes.”

          Menurut Kartiyus, Rencana Daerah Pangan dan Gizi (RADPG) sudah ditegaskan lagi dengan Perbup dan instruksi itu untuk semua Organisasi Perangkat Desa (OPD), untuk program pengentasan stunting. “Ini tidak main-main. Kita mulai  Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Pemkab Sintang tahun 2019. Kita sudah rumuskan penurunan angka kemiskinan dengan peningkatan infrastruktur, sanitasi, optimalisasi air bersih, dan peningkatan sumber energi baru dan terbarukan.”

           Sebagian besar masyarakat tidak tahu soal stunting, tambah Kartiyus, maka diperlukan kampanyekan penyadaran. Kartiyus menjelaskan, stunting tidak bisa diobati, hanya bisa dicegah. Pencegahan dari 1000 Hari Pertama Kehidupan sampai 2 tahun. Target 5 tahun kedepan di angka 30 persen. Penurunan tidak bisa drastis. Pasalnya, usia anak lewat 2 tahun, tidak bisa diobati. Ibu hamil dan baru melahirkan bisa diatasi.

           “Untuk kampanye sampai desa, untuk RAB sudah dibagi sudah dipergub. Itu perintah untuk OPD melaksanakan pencegahan stunting,” terang Kartiyus. Diketahui, Pemerintah Kabupaten Sintang menggandeng sejumlah pihak yakni Millennium Challenge Account (MCA) Indonesia , Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kalbar dan IMA World Health untuk menekan angka anak stunting melalui Peraturan Bupati sebagai payung hukum.

 

(Sumber : delikkalbar.com)

 

Cara Atasi Batuk Pilek pada Si Kecil

Cara Atasi Batuk Pilek pada Si Kecil

Tangani Gizi Buruk Lewat Pendekatan Budaya Serta Edukasi Hidup Sehat

Tangani Gizi Buruk Lewat Pendekatan Budaya Serta Edukasi Hidup Sehat