Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

ASI dan Perkembangan Otak Anak

ASI dan Perkembangan Otak Anak

Otak merupakan organ penting yang berkaitan dengan fungsi berpikir dan potensi kecerdasan seseorang. Fungsi otak yang optimal dipengaruhi sejak pembentukannya sejak janin dalam kandungan. Salah satu faktor yang mempengaruhi otak adalah makanan bergizi yang dikonsumsi ibu selama hamil. Makanan bergizi membuat pembentukan fisik otak dan perkembangannya tumbuh baik. Kemudian, setelah bayi lahir, perkembangan otak masih terus berlangsung. Makanan bergizi yang dibutuhkan otak diperoleh dari ASI yang dikonsumsi bayi. ASI merupakan makanan utama bayi yang mengandung zat gizi lengkap yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi.

ASI memberi pengaruh besar bagi kecerdasan seorang anak. Hal ini banyak diungkap dari banyaknya literatur dan penelitian mengenai kehebatan ASI. Ada penelitian yang menyatakan bahwa bayi yang diberi ASI mempunyai IQ lebih tinggi 5 angka daripada yang tidak diberikan ASI.

Mengapa bisa demikian? Karena zat gizi di dalam ASI selain mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral, juga terdapat berbagai bahan penting lain.

Pertama adalah zat gizi DHA yang mungkin sering ibu dengar. DHA ini adalah asam lemak yang akan meningkatkan kecerdasanbayi serta kemampuan atau respon motoriknya serta penglihatannya. Berikutnya adalah laktosa atau karbohidray yang berperan penting dalam perkembangan sistem saraf pusat buah hati. Semua zat gizi yang terkandung dalam ASI ini membantu pertumbuhan dan perkembangan otak. Maka itu, sangatlah penting pemberian ASI pada bayi dalam meningkatkan potensi otak anak.

Arisan Jamban, Inisatif Warga Desa Air Hitam untuk Cegah Stanting dan Bebas BABS

Arisan Jamban, Inisatif Warga Desa Air Hitam untuk Cegah Stanting dan Bebas BABS

Tanda-Tanda Bayi Cukup ASI

Tanda-Tanda Bayi Cukup ASI