Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Tablet Tambah Darah untuk Ibu Hamil: Wajib!

Tablet Tambah Darah untuk Ibu Hamil: Wajib!

Selama kehamilan, kebutuhan zat besi ibu ternyata 50 persen lebih banyak, lho. Jika sebelum hamil kebutuhannya 26 mg/hari, maka ketika hamil 36 mg/hari.  Tambahan ini  dibutuhkan untuk meningkatkan volume darah. Kebutuhan zat besi terbesar terjadi pada trimester akhir kehamilan di mana janin menyimpan zat besi sebagai cadangan dalam tubuhnya.

Jika zat besi dalam tubuh ibu kurang, ibu tidak hanya kena anemia, tetapi risiko saat melahirkan atau persalinan juga sangat tinggi. Hal yang dapat terjadi adalah bayi yang lahir dengan berat badan rendah, keguguran, kelahiran prematur, pendarahan sebelum atau saat persalinan yang berkontribusi pada angka kematian ibu yang masih tinggi di Indonesia. Untuk efek pada bayi, saat dalam kandungan, ia dapat mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangannya sehingga berisiko stanting.

Kandungan zat besi terdapat pula pada bahan makanan daging merah, unggas, kuning telur, sayuran hijau, serealia, dan kacang-kacangan.

Berikut adalah aturan pemberian tablet tambah darah:

  • Untuk wanita di usia subur, tablet tambah darah harus diberikan sekali (1 kali) dalam seminggu.
    1. Saat haid atau menstruasi, TTD wajib dikonsumsi sekali (1 kali) sehari.
  • Ibu hamil harus minum tablet tambah darah setiap hari selama 9 bulan kehamilan atau paling dikit 90 (sembilan puluh) tablet.

Pada beberapa ibu, ada yang akan merasakan mual, nyeri di daerah lambung dan muntah. Ini dikarenakan tambahan zat besi di dalam tubuh. Namun, jangan khawatir, karena ibu bisa mengurangi rasa mual ini dengan minum TTD di saat makan. Selain itu, tablet tambah darah ini dianjurkan diminum dengan disertai buah atau jus yang mengandung vitamin C agar penyerapannya lebih baik. Namun, tidak dianjurkan meminumnya dengan air teh, susu, atau kopi. Bagi ibu yang mengonsumsi tablet tambah darah sering ditemui tinjanya akan berwarna hitam. Hal ini bukan suatu yang membahayakan, karena hal tersebut terjadi karena sisa zat besi yang terbuang dalam tinja. 

Semangat, Bu! 

Seputar Kondisi Menyusui di Indonesia

Seputar Kondisi Menyusui di Indonesia

Peran Suami dan Ayah Siaga

Peran Suami dan Ayah Siaga