Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

 Tinja Sumber Berbagai Penyakit

Tinja Sumber Berbagai Penyakit

               Bagaimana jika kita menemui ada tinja bertebaran di teras rumah? Pasti akan merasa jijik melihatnya bukan? Reaksinya, ketika melewati tinja-tinja tersebut pastinya menutup hidung, jalan berjingkat-jingkat agar tidak menginjak tinjanya.

               Begitulah yang dilakukan serombongan para ibu muda Desa Bereng, Kahayan Hilir, Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Seorang ibu berjalan untuk menghindari tinja-tinja yang tersebar di teras rumah, tapi dengan mata tertutup sehelai kain kecil. Sementara, ada ibu lain yang berteriak-teriak memandu si ibu agar langkahnya aman tidak menginjak tinja berwarna kuning-kuning yang menjijikkan tersebut. Ada juga ibu-ibu lain yang sekedar berteriak-teriak, entah histeris atau antusias.

               Tapi, jangan salah, untungnya tinja-tinja tersebut bukan asli loh, hanya mainan. Tinja tersebut terbuat dari tepung diaduk dengan air, dan diberi pewarna merah, serta kuning telur. Bentuknya memang mirip tinja asli. Meskipun bukan asli tapi ternyata tetap menimbulkan rasa jijik.

                Itu hanyalah sebuah contoh permainan dengan tinja-tinjaan. Jadi, hal ini menunjukkan agar tidak buang air besar sembarangan. Selain menjijikkan, tinja manusia sebenarnya mengandung puluhan miliar mikroba penyebab penyakit seperti tifus, kolera, hepatitis A, dan virus polio. Bappenas menyebutkan bahwa tifus mencapai 800 kasus per 100.000 penduduk. Penyakit polio juga masih dijumpai meskipun di negara lain sangat jarang.

             Masalah sanitasi terkait buang airbesar sembarangan ini harus menjadi perhatian. Selebar dan sepanjang apapun Sungai Kahayan, di Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, jika  buang air besar ini sembarangan dan tidak dikelola dengan baik, maka akan dapat menimbulkan masalah kesehatan serius. (Hoed)

 

Upaya dan Pencapaian 5 Negara dalam  Penanganan Stanting   

Upaya dan Pencapaian 5 Negara dalam  Penanganan Stanting  

Cara Keluarga Vietnam Penuhi Kebutuhan Gizi           

Cara Keluarga Vietnam Penuhi Kebutuhan Gizi