Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Ayah, Peranmu Penting Bagi Masa Depanku

Ayah, Peranmu Penting Bagi Masa Depanku

               Cegah anak dari stanting dan tumbuh menjadi anak sehat, kuat, dan pintar tentu menjadi dambaan setiap orangtua, bukan? Untuk menciptakan anak sesuai harapan tersebut diperlukan peran dan keterlibatan ayah dan ibu yang seimbang. Keterlibatan ayah dan ibu dalam merawat dan membesarkan si kecil akan membuatnya tumbuh menjadi anak yang sehat, tidak mudah sakit, dan kelak dapat berprestasi.

              Kini bukan lagi masanya  peran ayah hanya mengurusi soal masalah keuangan keluarga dan ibu mengurus soal pengasuhan anak di rumah saja. Peran dan keterlibatan keduanya sangat diperlukan untuk saling melengkapi demi masa depan anak yang lebih baik.  Anak akan belajar mengenai tanggung jawab, kerja keras, dan disiplin dari sang ayah. Juga belajar mengenai kasih sayang, ketelatenan, dan kepekaan dari sang ibu.

              Penting bagi ayah untuk peduli dan menyediakan waktunya untuk turut merawat dan mengasuh anak. Keterlibatan ayah dapat dimulai sejak si kecil masih dalam kandungan ibu terutama pada masa emasnya dalam 1000 HPK. Masa di mana segala kemungkinan  harus dioptimalkan demi kebaikan anak di masa depannya. Peran apa saja yang dapat ayah lakukan untuk sang buah hati?

·         Masa kehamilan Ibu

-          Menemani ibu ketika melakukan pemeriksaan ke dokter. Ayah jadi dapat mengetahui pertumbuhan dan perkembangan sang buah hati dalam kandungan ibu.

-          Pastikan ibu mendapatkan makanan bergizi seimbang untuk kesehatan ibu dan juga janinnya.

-          Mengingatkan ibu selalu untuk mengonsumsi asam folat dan zat besi di masa kehamilannya, serta menyediakan makanan tambahan bagi ibu hamil

-          Siapkan keperluan/kebutuhan untuk ibu bersalin dan ayah menjadi suami siaga untuk menyambut kehadiran sang buah hati.

          Masa Ibu Menyusui

-          Beri dukungan ibu untuk dapat memberikan ASI eksklusif dengan menemaninya saat memberikan ASI, memberi pijatan/usapan lembut pada punggung ibu untuk membuatnya merasa rileks dan nyaman serta menghilangkan rasa lelahnya. Buatlah agar ibu merasa bahagia sehingga ASI keluar dengan lancar.

-          Pastikan ibu memeroleh makanan yang bergizi seimbang

-          Berbagi tugas dalam merawat sang bayi sehingga ibu mendapat kesempatan untuk cukup beristirahat

-          Sediakan makanan yang sehat sejak bayi mulai memperoleh makanan pendamping ASI agar tercukupi asupan gizi dari makanan.

-          Sediakan pula akses air bersih dan sanitasi yang baik yang mendukung kesehatan keluarga.

-          Berbagi tugas dan pekerjaan sehari-hari dalam rumah tangga dengan sang ibu

-          Selalu bermain bersama anak untuk menjalin komunikasi dan menstimulasi kecerdasannya.

             Jika ayah menjalankan perannya dengan baik, saling berbagi peran dengan ibu, serta bekerjasama dalam merawat dan mengasuh anak,  maka anak akan tumbuh menjadi anak yang sehat, kuat, dan pintar. Selain itu, anak akan merasa nyaman dan aman secara psikis karena berada dalam lingkungan keluarga dengan orangtua yang harmonis.

 

   Tanda Bayi Kurang Cukup Konsumsi ASI

   Tanda Bayi Kurang Cukup Konsumsi ASI

Mengapa Suplemen Zat Besi Penting Bagi Ibu Hamil?

Mengapa Suplemen Zat Besi Penting Bagi Ibu Hamil?