Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Yuk, Dilihat Lagi Jadwal Imunisasi DTP Si Kecil!

Yuk, Dilihat Lagi Jadwal Imunisasi DTP Si Kecil!

            Coba ibu ingat-ingat lagi, apakah si kecil sudah pernah diimunisasi DTP (Difteri Tetanus Pertusis)? Mengingat kini tengah terjadi wabah difteri dan anak perlu mendapatkan perlindungan dari difteri ini. Sebenarnya, kapankah jadwal pemberian imunisasi DTP pada anak yang seharusnya dilaksanakan?

          Pemberian imunisasi DTP sebaiknya dilakukan mengikuti jadwal secara teratur dan lengkap.  Hal ini untuk membentuk kekebalan tubuh anak tetap optimal. Untuk itu, sebaiknya orangtua melakukan pencatatan waktu imunisasi anak, sehingga akan ketahuan bila ada imunisasi yang terlambat, tidak terlaksana tepat waktu, dan sebagainya, sehingga kemudian dapat dijadwal untuk mengejar ketertinggalannya.

           Sebetulnya, jadwal imunisasi DTP dasar diberikan 3 kali sejak bayi berumur 2 bulan dengan jarak 4-8 minggu. Tidak boleh diberikan sebelum bayi berusia 6 minggu.

Pemberian DTP-1 ketika bayi berumur 2 bulan

                 DTP-2 ketika bayi berumur 4 bulan

                 DTP-3 ketika bayi berumur 6 bulan

          Untuk penguat ulangan DTP diberikan dalam waktu 1 tahun setelah pemberian DTP-3. Jadi, pemberian DTP-4 ketika bayi berumur 18-24 bulan. Selanjutnya DTP-5 diberikan saat anak masuk sekolah pada usia 5 tahun. Pada usia ini anak harus mendapat penguat ulangan DTP.

         Untuk meningkatkan cakupan imunisasi ulangan, vaksinasi DTP diberikan pada awal sekolah dasar dalam program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

          Di saat sekarang tengah wabah difteri ini, pemerintah juga menggelar imunisasi nasional secara serentak terutama di 3 provinsi dengan kasus kejadian luar biasa yaitu di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Selanjutnya akan menyusul di provinsi lainnya.

        Menteri Kesehatan juga sudah menghimbau masyarakat untuk mendatangi fasilitas kesehatan untuk mendapatkan imunisasi secara gratis.

 

(Sumber : Panduan Imunisasi Anak - Satgas Imunisasi PP IDAI)

Bidan dan Kader Posyandu Kapuas Berlatih Komunikasi Antarpribadi

Bidan dan Kader Posyandu Kapuas Berlatih Komunikasi Antarpribadi

Mengapa Anak Bisa Terkena Difteri?

Mengapa Anak Bisa Terkena Difteri?