Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

 Anak Stanting Mudah Obesitas

Anak Stanting Mudah Obesitas

                   Umumnya, anak stanting karena kurang gizi dalam waktu lama, akan tampak pendek secara fisik di usia 2 tahun. Jika kemudian orangtua memberinya banyak makan dengan anggapan agar si anak lebih tinggi, malah salah kaprah. Bukan anak bertambah tinggi, loh, melainkan cenderung mudah alami obesitas. Mengapa bisa demikian?

                  Stanting ini akan mengubah sel-sel tubuh atau cara tubuh mengubah cara mengolah kalori, akibatnya anak stanting cenderung  menjadi gemuk tubuhnya. Jika pada anak normal, kalori yang masuk bisa diproses dalam tubuh biasa saja, sementara pada anak stanting, kalori yang masuk mudah sekali diubahnya. Dampak metabolisme ini yang membuat anak mudah mengalami kegemukan atau obesitas.

                Anak stanting yang mengalami obesitas tentu nantinya terkait dengan masalah kesehatan, yaitu berisiko terkena penyakit tidak menular seperti jantung, diabetes, dan stroke.

               Untuk mengetahui obesitas tidaknya si kecil, bisa diperiksa dari tinggi dan berat badannya berdasarkan kurva pertumbuhannya. Apakah berat badannya sesuai standar atau tidak. Kalau menurut badan Kesehatan Dunia WHO, obesitas pada anak balita dikelompokkan dalam tiga yaitu :

·         Obesitas ringan kalau berat badannya kelebihan 20-40% dari berat badan ideal

·         Obesitas sedang, kalau kelebihan berat badan 41-100% dari berat badan ideal

·         Obesitas berat kalau kelebihan berat badan diatas 100% dari berat badan ideal

          Agar anak stanting tidak sampai mengalami obesitas, maka kebutuhan zat gizi makanannya tetap harus diperhatikan, jangan sampai tidak seimbang seperti terlalu banyak karbohidrat saja. Perhatikan komposisi gizi seimbang dalam setiap makannya seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

 

 Zat yang bikin Otak Anak Canggih Hanya Ada di ASI

Zat yang bikin Otak Anak Canggih Hanya Ada di ASI

 Gula, Garam, dan Minyak Bisa Berbahaya. Batasi Asupannya pada Anak

Gula, Garam, dan Minyak Bisa Berbahaya. Batasi Asupannya pada Anak