Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Mengapa Stunting Sangat Penting Ditangani ?

Mengapa Stunting Sangat Penting Ditangani ?

            Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K),  mengartikan stunting sebagai kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya.  Kekurangan gizi tersebut, terjadi sejak bayi dalam kandungan dan pada masa awal setelah anak lahir, tetapi stunting baru nampak setelah anak berusia 2 tahun. Dan saat ini, ada 9 juta anak, atau lebih dari sepertiga balita Indonesia  mengalami stunting.

           TNP2K yang bekerja dibawah pimpinan Wakil Presiden Jusuf Kalla ini mengungkapkan sejumlah alasan mengapa stunting sangat penting untuk ditangani. TNP2K menyadari, stunting dapat berdampak pada tingkat kecerdasan anak. Anak stunting rentan terhadap penyakit. Produktifitas anak stunting menurun, dan kemudian bisa berakibat menghambat pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kemiskinan dan ketimpangan sosial.

            Berangkat dari kesadaran kondisi anak bangsa yang memprihatinkan inilah, TNP2K sudah menetapkan 100 kabupaten prioritas percepatan penanganan stunting yang akan dilakukan mulai tahun 2018. Targetnya, sesuai Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional 2015-2019, prevalensi stunting pada 2019 menjadi 28 %.

 

Bagaimana Bila Anak Telanjur Stanting?

Bagaimana Bila Anak Telanjur Stanting?

Ibu, Anak Stanting, dan Diabetes

Ibu, Anak Stanting, dan Diabetes