Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

1000 Hari Pertama Kehidupan Untuk Pencernaan Anak yang Sehat

1000 Hari Pertama Kehidupan Untuk Pencernaan Anak yang Sehat

gayahidup-inilah-com.jpg

  Pencernaan yang sehat di awal kehidupan adalah landasan untuk tumbuh kembang anak yang optimal. Ini juga membangun tingkat kesehatan tubuh dan mental secara keseluruhan pada usia dewasanya," kata Dr. Badriul Hegar Ph.D, SpA(K), Konsultan Gastroenterologi, Departemen Ilmu Kesehatan Anak, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/RSUPN Ciptomangunkusumo.

Hegar menjelaskan, saluran cerna memiliki peranan unik dan penting bagi kesehatan anak. Tak hanya mencerna dan menyerap makanan saja tetapi juga pembatas antara dunia luar dan dalam tubuh.

Saluran cerna, 40 persen selnya adalah jaringan limfoid yang merupakan sel sistem imun. Sekitar 70 - 80 persen sel imun dihasilkan oleh saluran cerna. Proses ini berkembang pesat pada satu tahun pertama kehidupan.

Pada usia 1000 hari pertama kehidupan ini merupakan masa paling rentan. Karena saluran cernanya secara fisiologi belum matang, sehingga perannya sebagai sistem imun atau pertahanan tubuh juga belum sempurna. Sel-sel pada permukaan usus bayi yang belum matang masih dalam posisi renggang. Ini memudahkan kuman atau makanan yang sensitivitasnya tinggi masuk ke dalam tubuh bayi, dan dapat menimbulkan masalah pada kesehatan.

Itulah pentingnya kesehatan saluran cerna, karena perannya dalam mekanisme pertahanan tubuh secara keseluruha sangat penting. Saluran cerna yang sehat diharapkan dapat menoleransi makanan yang masuk ke dalam tubuh anak dan meningkatkan perlindungan terhadap kuman penyakit.

(Sumber : gayahidup.inilah.com)

 

Sarana Prasarana Posyandu di Sukabumi Masih Kurang

Sarana Prasarana Posyandu di Sukabumi Masih Kurang

Posyandu Teratai Pamijahan Jadi Percontohan

Posyandu Teratai Pamijahan Jadi Percontohan