Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

  Stunting Summit 2018

  Stunting Summit 2018

             Penurunan angka stunting menjadi target percepatan perbaikan gizi, dari angka 32,9% menjadi 28% di tahun 2019. Saat ini prevalensi stunting pada baduta sudah mencapai 26%, namun masih perlu percepatan sehingga penurunannya signifikan. Untuk itu telah dilakukan penurunan stunting terintegrasi. Akhir tahun 2017 sudah dilakukan di 8 Kabupaten prioritas. Tahun 2018 pelaksanaannya diperluas pada 100 Kabupaten/Kota. Selanjutnya tahun 2019 lokasi intervensi secara berkala diperluas, sehingga mencakup semua kabupaten/kota. Secara bersamaan dilakukan pula kegiatan Proyek Kesehatan dan Gizi Berbasis Masyarakat (PKGBM) pada 64 Kabupaten oleh MCA-Indonesia.

            Ada tiga upaya untuk melaksanakan kegiatan penurunan stunting terintegrasi terutama di 100 Kabupaten/Kota yaitu : (1) peningkatan komitmen pimpinan daerah dalam perencanaan dan pelaksanaan intervensi; (2) peningkatan kemampuan aparat daerah terkait penurunan stunting; dan (3) penyiapan pemberdayaan masyarakat serta keluarga dalam penurunan stunting.

               Untuk mencapai hal itu maka Bappenas akan menyelenggarakan Stunting Summit. Acara yang didukung oleh MCA Indonesia dan IMA World Health akan diadakan pada tanggal 28 Maret 2018 di Hotel Borobudur, Jakarta. Dalam rangkaian Stunting Summit, akan dilaksanakan pula Rembuk Stunting Tahap 2, pada tanggal 26-27 Maret 2018.

             Acara ini diikuti oleh kepala daerah dari 100 kabupaten/kota dan juga 31 kabupaten lokasi PKGBM. Peserta lainnya adalah Kepala OPD (Organisasi Perangkat Desa) kabupaten lokasi PKGBM, Kementerian/Lembaga, SUN Global, dunia usaha, akademia, kelompok masyarakat madani, organisasi profesi di bidang kesehatan dan gizi, dan media massa.

             Tujuan Stunting Summit ini untuk meningkatkan komitmen kepala daerah terutama pada 100 kab/kota prioritas intervensi penurunan stunting terintegrasi. Juga meningkatkan kemampuan pimpinan OPD di kabupaten/kota dalam merencanakan, melaksanakan, dan melakukan pemantauan dan evaluasi intervensi penurunan stunting terintegrasi. Selain itu, memeroleh informasi praktik baik yang telah ada selama ini dan menyiapkan mekanisme replikasi untuk daerah lain.

            Meningkatkan keterlibatan pemangku kepentingan (dunia usaha, akademia, kelompok masyarakat madani, media massa, dan organisasi profesi di bidang kesehatan dan gizi) dalam pelaksanaan perbaikan gizi di daerah.

            Stunting Summit ini diharapkan nantinya menghasilkan antara lain :

·         Tersusunnya rancangan kegiatan intervensi penurunan stunting di setiap kabupaten/kota.

·         Tersusunnya mekanisme pelaksanaan intervensi penurunan stunting terintegrasi.

·         Teridentifikasinya daerah dengan praktik baik dalam penurunan stunting untuk direplikasi pada lokasi lainnya.

·         Meningkatnya keterlibatan pemangku kepentingan (dunia usaha, akademia, kelompok masyarakat madani, media massa, dan organisasi profesi di bidang kesehatan dan gizi) dalam penurunan stunting

 

Rembuk Stunting Tahap II Tahun 2018

Rembuk Stunting Tahap II Tahun 2018

Kebijakan Anggaran Kalbar Untuk Stunting Masih Lemah

Kebijakan Anggaran Kalbar Untuk Stunting Masih Lemah