Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

Menkes: Hampir 50% Puskesmas Sudah Terakreditasi

Menkes: Hampir 50% Puskesmas Sudah Terakreditasi

             Akreditasi adalah salah satu bentuk upaya peningkatan mutu fasilitas pelayanan kesehatan termasuk untuk pelayanan kesehatan tingkat pertama (FKTP). Saat ini telah terakreditasi sebanyak 4223 Puskesmas dari 9825 Puskesmas di Indonesia. Demikian pernyataan Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K).

              Sasaran pokok pembangunan kesehatan yang tertuang dalam RPJMN 2015-2019, salah satunya adalah meningkatnya akses dan mutu pelayanan kesehatan dasar dan rujukan terutama di daerah terpencil, tertinggal dan perbatasan. FKTP berperan sebagai kontak pertama dan penapis rujukan sesuai dengan standar pelayanan. Perannya sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan Indonesia. Di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) ini berperan sebagai gate keeper (penjaga gawang).

            Tugasnya antara lain menyelenggarakan pelayanan kesehatan dasar sesuai kewenangan, mengatur pelayanan kesehatan lanjutan melalui sistem rujukan, dan mendidik masyarakat untuk mewujudkan keluarga sehat. Agar dapat melaksanakan tugas dengan baik, FKTP perlu memahami kendali mutu dan biaya di pelayanan kesehatan.

            Diharapkan, melalui akreditasi terjadi perbaikan tata kelola di FKTP meliputi tata kelola institusi, program, resiko pelayanan, dan mutu. Proses akreditasi yang dilaksanakan oleh fasilitas kesehatan mendorong untuk membangun sistem tata kelola yang lebih baik secara bertahap.

              FKTP yang telah melaksanakan proses akreditasi dan peningkatan mutu secara berkesinambungan akan memperoleh lebih banyak keuntungan di masa yang akan datang, baik dari sisi manajerial maupun teknis pelayanan. Adapun standar akreditasi bagi Puskemas, klinik pratama dan tempat praktik mandiri telah diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan sebagai lampiran Peraturan Menteri Kesehatan nomor 46 tahun 2015. Standar ini menjadi acuan bagi FKTP dalam melaksanakan proses akreditasi. Jika ini dilaksanakan dengan baik, pelayanan prima terwujud, maka kepercayaan masyarakat kepada bidang kesehatan pun akan meningkat.

 

(Sumber : sehatnegeriku.kemkes.go.id)

 

Stunting Perlu Dikampanyekan ke Masyarakat

Stunting Perlu Dikampanyekan ke Masyarakat

Forum Lintas Agama Lakukan Advokasi ke Komisi V DPR-RI

Forum Lintas Agama Lakukan Advokasi ke Komisi V DPR-RI