Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

 Tangani Stanting Butuh Komitmen dan Fokus

Tangani Stanting Butuh Komitmen dan Fokus

              Keikutsertaan  dalam kegiatan belajar dan bertukar pengalaman untuk penanganan stunting di Vietnam bagi Theresia Limawardani selaku Kepala Badan Perencanaan pembangunan Daerah (Bappeda) Landak, Kalimantan Barat, merupakan pengalaman berharga yang dapat dicontoh untuk  diterapkan di Landak.

                Menurut Theresia, sebetulnya program yang ada di Vietnam tidak jauh berbeda dengan apa yang sudah dijalankan di Indonesia dalam penanganan stanting. Hanya saja perlu komitmen sehingga program pemerintah yang sudah bagus ini dapat berjalan lancar.

                Salah satu pengalaman yang didapatkan misalnya tentang program untuk nutrisi, yaitu pemberian makanan tambahan buat ibu hamil. Sebetulnya program ini juga sudah ada di Indonesia.Di Vietnam, begitu ada ibu hamil dan berat badannya tidak sesuai standar maka dilakukan intervensi, agar ibu hamil tersebut tidak mengalami kekurangan gizi. Kemudian ketika bayi lahir dilakukan juga pemberian imunisasi. Perkembangannya juga dipantau.  Jika  berat badan dan tinggi badan tidak sesuai usia, dilakukan intervensi pada bayinya. Hal semacam ini mungkin lebih menjadi perhatian sehingga angka stanting bisa berkurang.

                Selain itu, area pertanian yang luas digunakan dalam rangka untuk konsumsi masyarakat serta pemenuhan gizinya. Misalnya dengan penanaman beragam tanaman seperti buah-buahan, tebu, singkong dan sebagainya untuk pemenuhan produk nasional. Bahkan produksi berasnya juga sudah lama terkenal untuk ekspor.

                “Jadi, program penanganan stanting ini hanya butuh komitmen untuk lebih menguatkan dan fokus pada permasalahannya. Dengan demikian angka stanting pasti bisa diturunkan. Pengalaman yang didapat ini bisa dijadikan contoh untuk dapat diterapkan di Landak.”

Stunting Jadi PR Pemerintah dalam Bidang Kesehatan

Stunting Jadi PR Pemerintah dalam Bidang Kesehatan

 Peringati Hari Ibu, NA Sultra Sosialisasikan Cegah Stunting

Peringati Hari Ibu, NA Sultra Sosialisasikan Cegah Stunting