Kegiatan Gizi Tinggi Prestasi adalah bagian dari program Compact yang sepenuhnya dilaksanakan oleh MCA-Indonesia, dan tidak dipungut biaya. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada MCA-Indonesia melalui pengaduan@mca-indonesia.go.id. Situs ini dapat terwujud melalui hibah yang diberikan oleh warga Amerika Serikat kepada Indonesia melalui Millennium Challenge Corporation di bawah Perjanjian Compact yang ditandatangani oleh kedua negara. Informasi yang diberikan pada situs ini bukan informasi resmi dari pemerintah AS dan tidak mewakili pandangan atau posisi Pemerintah AS atau Millenium Challenge Corporation

 Diskusi Publik Cegah Stanting di Sintang, Kalbar

Diskusi Publik Cegah Stanting di Sintang, Kalbar

             Belum lama ini digelar forum pemangku kepentingan Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat dengan acara Diskusi Publik Cegah Stanting (14/12/17). Hadir narasumber pada acara ini antara lain Supomo (Sekretaris Dewan Ketahanan Pangan Sintang),  Kartius (Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah), dan Sunarno (Konsultan Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi (RAD-PG).

              Pada kesempatan ini Supomo memaparkan mengenai hasil analisa kerawanan pangan yang dilakukan oleh kelompok kerja (Pokja) Dewan Ketahanan Pangan, dan  ditemukan masalah utamanya adalah pemanfaatan pangan dan penganekaragaman pangan. Kebijakan strategis yang sudah diusulkan adalah peningkatan pengetahuan di tingkat rumah tangga terkait optimalisasi pangan lokal dan mendorong konsumsi keragaman pangan, misalnya mengganti sumber protein dari daging ke kacang-kacangan, serta pemanfaatan pekarangan rumah.

                Hasil diskusi publik ini, Kepala Bappeda menyimpulkan tiga hal berikut, yaitu :

1.       Sekretaris daerah (Sekda) selaku Ketua Harian Dewan Ketahanan Pangan sudah memiliki pemahaman yang baik terkait sinkronisasi Kebijakan Strategis Pangan dan Gizi (KSPG) dan RADPG serta pembagian peran Dewan Ketahanan Pandan dan tim RADPG

2.       Sekda memerintahkan Bappeda menyusun draft SK Sekretariat Bersama yang bisa merujuk ke Perpres nomor 42 tahun 2013 tentang Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi (Gernas PPG)  terkait tugas pokok dan fungsi (tupoksi).

3.       Sekda akan menginisiasi kampanye wajib ASI  Eksklusif 6 bulan untuk cegah stanting pada Hari Gizi Nasional di bulan Januari 2018 sebagai komitmen Pemda Sintang.

Kader NA Se-Jateng Gelar Kampanye Stop Stunting

Kader NA Se-Jateng Gelar Kampanye Stop Stunting

Training of Trainer Kader Pelopor Bebas Stunting

Training of Trainer Kader Pelopor Bebas Stunting